City TourGunung

Mengenal Lebih Dekat Gunung Bromo Serta Destinasi Wisata di Sekelilingnya

Siapa yang gak kenal dengan Gunung Bromo?! Salah satu gunung yang memiliki spot sunrise terbaik ini selalu menjadi incaran dari berbagai macam wisatawan baik lokal maupun mancanegara!

Bagaimana gak? Hanya dengan sekali menyewa transportasi Jeep, kalian sudah bisa mengexplore beberapa destinasi wisata di kawasan Bromo yang memang jaraknya cukup berdekatan. Eiitsssssss ada hal penting yang perlu disiapkan! Stamina! Yupz, sangat diperlukan lhoh gaes! Be careful! And di moment tertentu, kalian juga bisa naik ke atas Jeep untuk merasakan sensasi yang berbeda bak rollercoaster! Cobain!

Next, gunung yang memiliki ketinggian 2392mdpl ini merupakan gunung berapi aktif yang bisa kapan saja mengeluarkan asap belerangnya! So, kalian wajib menyiapkan masker, karena alam gak pernah bisa ditebak.

Disamping itu, destinasi wisata yang masuk dalam ruang lingkup Bromo Tengger Semeru National Park pun memiliki empat kabupaten seperti Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Dan kebetulan saat itu saya  dan teman-teman melalui Kabupaten Malang yakni jalur Tumpang. Penasaran kemana aja? Yuk simak lagi dibawah ini!

The Famous Sunrise yang memanjakan mata di Penanjakan 1!

Untuk sampai kesini, kalian harus pagi-pagi gaes! Kenapa? Yupz, jangan sampai terlalu siang karena memang bakalan ramai banget dengan Jeep. Terlebih untuk melihat Sunrise disini ada 2 spot yakni di pertengahan jalur dan puncak dengan ketinggian 2770mdpl. Oh iya hampir lupa, kalian bisa sesuaikan waktu nya kapan harus segera jalan dari homestay menuju lokasi ini, dan dipastikan sebelum jam 04.00 pagi karena masih harus treking lagi keatas.

Well, seperti yang saya bilang diawal, stamina sangat diperlukan selama ke Bromo, karena di penanjakan 1 ini memiliki trek yang cukup menantang yakni naik terus dijalur beraspal dan melewati tikungan dengan kemiringan bervariasi. Hmmm… kalau bisa dikatakan, ada yang hampir 45 – 50 derajat. Hingga sampai pada akhirnya, tiba di sebuah warung terakhir yang ada toiletnya!

Actually, sampai disinipun sudah bisa menikmati sunrise yang lebih dari cukup. So, coba liat dokumentasi dibawah ini. Cukup bangetkan?

Atau, jika kalian masih kurang puas, bisa saja terus naik keatas dengan melewati jalur yang lebih terjal. Tapi jangan khawatir, sekarang ini sedang dalam perbaikan sehingga nanti nya memiliki jalur yang lebih baik hingga menuju ke puncak.

Satu lagi! Sebenarnya, gak ada yang membedakan kok view yang ditawarkan. Hanya saja ini terlihat lebih tinggi.

Fyi gaes, jika kalian merasa gak kuat treking menuju keatas, tenang! Ada kuda yang bisa disewa hingga di depan warung terakhir yang ada toiletnya dengan tarif Rp120.000,- s.d Rp200.000,- PP tergantung negosiasi. Setelah itu kalian bisa langsung putuskan ingin lanjut treking keatas atau gak. Yuhuuuu~~~~~

Lelahmu terbayar lunas di Puncak Kawah Gunung Bromo!

Yupz, kenapa saya bilang lelah? Karena memang beneran lelah untuk sampai ke Puncak Kawah! Jika kalian berfikir hanya melewati 250 tangga di Instagram atau media sosial lainnya, itu salah besar! Karena titik awal untuk tiba di trek tangga dan puncak kawah dimulai dari parkiran Jeep!

Langsung aja yuk liat gambar yang sempat saya dokumentasi kan selama disana. So, kembali lagi saya ingatkan bawah stamina sangatlah penting selama mengexplore Bromo dan sekitarnya.

Nah, udah ada gambaran belum mengenai jalurnya? Jika belum, saya mau menambahkan sedikit lagi. Ada baiknya, kalian menggunakan minimal sepatu sendal karena trek yang ditawarkan full dengan pasir dan debu yang disertai angin.

Next, kalau diantara kalian yang gak kuat, disini juga disediakan kuda dengan tarif Rp125.000,- hingga Rp250.000,- PP tergantung negosiasi dan diantarkan hingga bawah tangga. Hmmm, setidaknya tenaga kalian masih tersimpan full untuk treking ditangga dan menikmati pesona puncak kawah Gunung Bromo. Yeay~~~

Pasir Berbisik! Bak karpet alami yang terbuat dari lautan pasir nan luas!

Setelah lelah dan cape bahkan kucel, berikutnya masih ada destinasi yang gak kalah keceh yakni Pasir Berbisik! Disini kalian gak perlu treking susah-susah! Karena Jeep yang udah disewa akan langsung turunkan kalian di spot foto kecehhh seperti dibawah ini!

Jika bisa digambarkan, spot wisata yang satu ini bagaikan hamparan pasir yang dilengkapi oleh panorama Gunung Bromo. Dijamin, foto-foto kalian akan lahir dengan bingkai alami dari alam!

Hamparan Padang Savana yang luas membentang di sisi selatan Gunung Bromo!

The last! Sebelum balik ke homestay, ada baiknya dan sekalian lewat, jangan lupa mampir ke Padang Savana nya Gunung Bromo! So, biar gak nyesel aja dikemudian hari.

Disini, kalian bisa mengambil foto dengan berbagai macam engle, karena view yang ditawarkan bukan hanya Padang Savana aja melainkan Bukit Teletubies sebagai pelengkap!

Ok gaes, gimana? Keren kan destinasi yang ditawarkan oleh kawasan Gunung Bromo? Gak ada salahnya jika kalian mau menyewa kuda disana, hitung-hitung membantu perekonomian warga sekitar. Karena menurut informasi yang saya dapat bahwa selain menyewakan kuda, keseharian penduduk setempat hanya bertani sebagai pemasukan tambahan.

NB : All foto credit by @febe_shinta
Tags

Febe Shinta

Hi, I'm Febe Shinta Franciska! Author of this blog. Please enjoy!

Related Articles

2 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat Gunung Bromo Serta Destinasi Wisata di Sekelilingnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close